Sebanyak 364 orang dokter muda atau Cooporative Assistant (Coas) dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Baiturahmah Padang melakukan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Baiturahmah Padang, Senin (05/04/2021).

Direktur (RSGM) Baiturahmah Dr. drg Edrizal. Sp. ort mengatakan, vaksinasi terhadap para dokter muda itu sangat dibutuhkan dalam rangka melindungi mereka terhadap ancaman COVID-19.

“Para dokter muda tersebut berada di daerah rawan, karena merekalah yang setiap hari berkontak dengan banyak orang (pasien) di rumah sakit, tempat mereka bertugas,” ujar Edrizal.

Selain itu, menurutnya, vaksinasi terhadap para dokter muda ini merujuk pada surat keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI tahun 2021.

Ia menjelaskan, SK tersebut tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19. Di situ dicantumkan sasaran vaksinasi COVID-19 tahap-I dengan waktu pelaksanaan Januari-April 2021 adalah tenaga kesehatan, asisten, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

“Untuk tenaga kesehatan, baik dokter gigi, maupun tenaga penunjang di RSGM dan FKG Baiturahmah sudah selesai kita lakukan vaksinasi bulan lalu,” imbuhnya.

Guna menghindari kerumunan pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan secara bertahap. Setiap harinya sekitar 60 orang mahasiswa akan divaksin oleh para Vaccinator yang didatangkan dari RS Siti Rahma Padang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *